JBlogs---Anda pecinta kucing? Kalau begitu Anda patut waspada karena hewan menggemaskan ini telah disebut-sebut mampu menyebabkan penyakit mental yang dikenal sebagai Skizofrenia. Itu diungkapkan sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Dilansir dari Food World News, studi tersebut menunjukkan penyebab yang paling memungkinkan adalah karena kucing membawa

 Toxoplasma gondii, organisme bersel satu (protozoa) yang dapat berasal dari hewan yang terinfeksi yang biasanya merupakan burung atau tikus.

Hasil studi lantas menunjukkan 50,6 persen dari 2.125 keluarga yang terdaftar di National Institute of Mental Illness yang memelihara kucing, telah mengembangkan risiko skizofrenia sesuai studi yang dilakukan sejak tahun 1982.

Parasit ini dapat dengan mudah menyebar dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya, membuatnya lebih mudah untuk menyebarkan virus.

Kucing bisa dengan mudah memangsa tikus yang telah terinfeksi sehingga kucing dapat membawa parasit ke dalam rumah tangga yang sebagian besar akan tertular ke manusia dengan sistem kekebalan tubuh rendah.

Dr Edwin Torrey dari Stanley Medical Research Institute mengatakan penyakit ini akan mengambil alih tubuh dan menyebabkan skizofrenia. Ia menyatakan bahwa bakteri T.gondii menyerang otak dan membentuk kista mikroskopis.

Manis (Nama Kucing Penulis)
Sebagai informasi, gejala Toksoplasmosis hanya bisa berkembang jika individu memiliki sistem kekebalan tubuh rendah, meskipun biasanya tidak ada gejala apapun, laporan Centers for Disease Control menyatakan bahwa lebih dari 60 juta orang di Amerika Serikat membawa parasit ini dan hanya sedikit yang menunjukkan gejala.Meskipun orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah seperti orang-orang dengan HIV, mereka yang menjalani kemoterapi, donor transplantasi organ dan anak-anak dapat memiliki komplikasi serius seperti kebutaan, penyakit flu berat dan kadang-kadang dapat mengakibatkan kematian.

Sementara, orang-orang yang sedang hamil dan dipengaruhi oleh Toxoplasma gondii dapat mengalami komplikasi janin dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan keguguran.

Sumber : VivaLife 

Oleh      : Lesthia Kertopati, Tasya Paramitha 


date Rabu, 29 Juli 2015

0 komentar to “Benarkah Pelihara Kucing Sebabkan Cacat Mental? ”

Leave a Reply:

Kenalan yah teman-teman

Foto saya
Palu, Sulawesi-Tengah, Indonesia
Keingintahuan akan pengetahuan